Home » » Desa Wisata Malangan : Desa Wisata Sleman dengan multi potensi

Desa Wisata Malangan : Desa Wisata Sleman dengan multi potensi

Desa Wisata Malangan : Desa Wisata Sleman dengan multi potensi


Sudah menentukan tujuan liburan besok? Jika belum, ada desa wisata di Sleman yang bisa kami rekomendasikan untuk liburan di Jogja besok. Desa tersebut adalah Desa Wisata Malangan.

Desa Wisata Malangan ini terletak tidak jauh dari kota Yogya. Lokasinya mudah diakses. Jaraknya hanya 17 kilometer dari kota Jogja ke arah barat melalui jalan Godean. Jika diukur dalam satuan menit, butuh sekitar 30 menit jika jalanan lancar.

Desa Wisata Malangan sebenarnya sudah dikukuhkan sebagai desa wisata sejak tahun 1998 oleh pemerintah Kabupaten Sleman. Tapi tertidur lama sekali dan baru tahun 2017 ini mereka memperkenalkan diri ke khalayak serta mengembangkan potensi yang mereka miliki.

desa wisata malangan

Desa Wisata Malangan mempunyai beragam potensi yang tidak kalah keren dengan desa wisata lain. Pokdarwis setempat menyiapkan sepeda onthel wisata untuk mengeksplorasi potensi-potensi tersebut. Maklum, masing-masing lokasi potensi terpisah jarak yang cukup jauh.

Bersepeda di desa wisata selalu menarik perhatian setiap wisatawan. Hal tersebut dikarenakan pada kesempatan itu kita dapat melihat suasana desa yang sebenarnya. Sapa ramah penduduk setempat. Melihat hijaunya padi yang terhampar luas. Bersepeda diantara sawah-sawah dan pepohonan kelapa sambil merasakan semilir angin yang segar. Adalah sebuah kemewahan yang tidak didapat di kota besar.




Di desa wisata Malangan kita dapat belajar tentang budidaya ikan lele. Memberi makan ikan yang ada di kolam. Mendengar kecipak air saat mereka berebutan makanan. Sungguh menyenangkan. Tidak hanya anak-anak, orang dewasa pasti juga menyukainya.

Di desa tersebut, kita juga dapat belajar banyak tentang manfaat mina padi. Salah satu sistem tanam padi yang memanfaatkan satu lahan sawah untuk bercocok tanam namun juga sekaligus untuk budidaya ikan.

desa wisata malanganTersedia kerajinan Batik di desa wisata ini untuk wisatawan yang menginginkan oleh-oleh batik untuk keluarga di kota asal. Di galery batik, kita bisa melihat langsung pembuatan batik. Pembuatan batik dilakukan oleh warga setempat. Kreasinya beragam dan menarik.

Ada pula kerajinan anyaman Bambu yang beraneka ragam bentuknya. Sebagian besar warga Desa Malangan mengolah bambu dan mengekspor ke luar negeri. Hal ini bukanlah isapan jempol semata. Melalui inisiasi salah seorang legenda desa, Bpk Ahmad Saidi, berdirilah sebuah perusahaan yang menampung karya-karya warga desa dan menjualnya ke negeri seberang. Tunggak Semi, demikian nama perusahaan tersebut. Kini, tampuk pimpinan dialihkan ke putranya, Bpk Suryadi. Tunggak Semi mengekspor kerajinan bambu karya warga Desa Malangan hingga ke seluruh Asia, Eropa dan Amerika.

[embed]https://www.youtube.com/watch?v=eRZeOBm6qQs[/embed]

Ada bagian paling menarik di desa ini. Bagian tersebut adalah proses pembuatan keris. Ya, di desa ini ada seorang empu yang terkenal di dunia keris. Ki Empu Sungkowo Harumbrodjo, namanya. Bicara tentang keris, tentu tidak bisa jauh dari dunia mistis. Ki Empu Sungkowo Harumbrodjo ini mampu memindahkan energi supranatural ke dalam keris buatannya.

Pengalaman melihat proses pembuatan keris menjadi pengalaman yang sangat berkesan. Api besar menari-nari. Membakar sebongkah besi baja dan menjadikannya merah menyala. Hingga pada suatu titik yang hanya para pande besi yang tahu, dikeluarkanlah bongkahan besi tersebut. Dalam rentang waktu yang tidak lama, bongkahan besi tersebut dipukul. Dimampatkan. Sementara saat proses tersebut berlangsung, terciptalah percikan-percikan api yang sangat atraktif. Menyebar di seluruh ruangan. Para pande besi terlihat begitu heroik.



A post shared by priyo harjiyono (@eastorion) on






Jika kamu ingin berkunjung ke Desa Wisata Malangan untuk liburan besok, kamu hanya perlu menghubungi nomor kontak di bawah ini.
Desa Wisata Malangan
FB: Wisata Malangan
IG: @desawisata_malangan
Pak Wiji : 087839728330
Andri : 082137223912
Janu : 085743300969.

Lokasi desa wisata mudah dan terjangkau dengan kendaraan bahkan menggunakan bus besar sekalipun. Sangat disarankan jika kamu ingin berkunjung ke Desa Wisata Malangan, silakan tanyakan terlebih dahulu apakah sedang ada proses pembuatan keris atau tidak. Atraksi percikan apinya sangat mengagumkan.



 
Kategori : Nature
Tag : desa wisata di jogja, desa wisata di sleman, desa wisata malangan, Desa Wisata Sleman
Hastag : #DesaWisataDiJogja, #DesaWisataDiSleman, #DesaWisataMalangan, #DesaWisataSleman
Baca Selengkapnya di : http://jogjaminded.com/desa-wisata-malangan/

2 komentar:

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS